Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas kolompok




Rahmah Nur Putri
:
16.0401.0068
Fatchul Ismantoro
:
16.0401.0067




FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2017

DAFTAR ISI




BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

 Internet yang merupakan Interconnection Networking adalah jaringan komputer dengan skala dunia. Pada dasarnya internet merupakan sebuah jaringan antar komputer yang saling berkaitan dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagiinformasi secara bersama. Sejarah internet bermula dari pemerintah Federal Amerika Serikat yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Perkembangan internet dewasa ini bukan hanya sekedar media untuk memberi kabar atau menceritakan kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna media sosial. Namun juga sebagai ladang untuk berdakwah dan mengajarkan agama islam melalui postingan akun-akun media sosial, gambar visual, video, bahkan melalui obrolan online. Internet banyak memberi manfaat dan juga kemudahan untuk para penggunanya. Salah satunya pada penyebaran islam, karena dengan kemajuan internet islam dapat diterima dengan cara yang lebih menyenangkan.

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Apa Pengertian Dakwah ?
2.      Bagaimana Kewajiban Dan Keutamaan Dakwah ?
3.      Siapa Saja Yang Menjadi Objek Dakwah ?
4.      Bagaimana Pengertian Dan Sejarah Singkat Internet ?
5.      Apa Saja Dampak Positif Dan Negatif Internet ?
6.      Bagaimana Metode Dakwah Melalui Internet ?




BAB II

PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN DAKWAH

Secara etimologi dakwah berasala dari bahasa arab دعا- يدعو yang berarti panggilan, ajakan atau seruan. Pelaku dakwah disebut dai / daiyah. Sedangkan menurut istilah para ahli memiliki beberapa pendapat tentang pengertian dakwah. Ahmad Mubarok[1] mendefinisikan dakwah adalah pekerjaan mengkomunikasikan pesan islam kepada manusia. Dakwah adalah mengajak atau mendorong manusia kepada tujuan yang definitive yang rumusannya bisa diambil dari al-quran dan Hadist atau dirumuskan oleh da’i sesuai dengan ruang lingkup dakwahnya.  Menurut Qurais Shihab[2], Dakwah adalah seruan atau ajakan kepada keinsafan, atau usaha mengubah situasi yang lebih baik dan sempurna baik terhadap pribadi maupun masyarakat.
Dengan merujuk pengertian tersebut maka dakwah dapat dipandang sebagai proses komunikasi dan proses perubahan sosial. Dakwah sebagai proses komunikasi yaitu kegiatan menyampaikan pesan dari da’i (komunikator) kepada objek dakwah (komunikan) melalui media tertentu, agar terjadi perubahan pada diri objek dakwah. Perubahan dimaksud mencakup perubahan pengetahuan, pemahaman, keyakinan, tata nilai, pola pikir, sikap dan tindakan. Dakwah juga merupakan suatu proses perubahan sosia oleh sebab itu gerakan dakwah tidak hanya sebagai dialog lisan, melainkan juga dialog lainnya. Seperti dialog amal, dialog seni, dialog filsafati dan dialog budaya. Sehingga tidak hanya mengahasilkan perubahan berfikir, tetapi juga perubahan pengetahuan, pemahaman, keyakinan, perilaku, karya, tata nilai, tata hubungan, sosial, seni dan  budaya.

B.     KEWAJIBAN DAN KEUTAMAAN DAKWAH

1.      Kewajiban Dakwah

Sejak awal islam sudah merupakan agama dakwah, yaitu agama yang menetapkan bahwa menyebarkan kebenaran dan mengajak orang untuk menganut ajaran islam sebagai ajaran Allah adalah tugas suci nabi Muhammad dan tugas suci bagi para penerusnya. Oleh sebab itu ada yang berpendapat bahwa dakwah adalah hukumnya fardhu’ain dan ada yang berpendapat fardhu kifayah. Keutamaan Dakwah di Jalan Allah
a.       Penda’i sebagai umat yang terbaik
b.      Penda’i sebagai orang yang beruntung
c.       Penda’i sebagai orang yang perkataannya paling mulia
d.      Penda’i sebagai seorang penolong yang lain

C.    OBJEK DAKWAH

1.      Secara sosio psikologis objek dakwah dapat dikelompokkan menjadi :
a.       Dilihat dari segi sosio geografis, terdapat masayarak kota, pedesaan, pedalaman, terasing, terpencil, terpencar, termarginalkan[3].
b.      Segi struktur kelembagaan terdapat masyarakat keluarga, masyarakat, dan pemerintah.
c.       Segi sosio budaya terdapat masyarakat priyai, pejabat, rakyat jelata, santri, abangan.
d.      Segi tingkat usia terdapat kelompok anak, remaja, orang tua, umum.
e.       Segi profesi atau pekerjaan terdapat petani, pedagang, seniman, pengusaha, politikus, buruh, karyawan, pegawai negri sipil dan lain-lain.
f.       Segi tingkat status ekonomi terdapat golongan miskin, menengah, kaya, atas, elit dan lain-lain.
g.      Segi jenis kelamin terdapat kelompok wanita, pria, waria.
h.      Segi ciri khusus terdapat masyarakat tunawisma, tunasusila, tunakarya, tunanetra, tunadaksa, tunarungu dan lain-lain.
i.        Segi kasta terdapat kelompok sudra, ariya, kesatria, brahmana.
j.        Segi kepemelukan agama terdapat kaum hijabah (muslim), kaum dakwah(non muslim) dan kaum mualaf (baru masuk islam)
2.      Menurut Baharudin sebagai sasaran dakwah manusia memiliki 6 dimensi potensi :
a.       Al-Jism
Al-jism memiliki potensi dorongan untuk memenuhi dan menerima kebenaran indrawi atau sensoris. Al-jism merupakan dorongan biologis dari sisi luar seperti dorongan untuk makan dan kebutuhan biologis lainnya.
b.      Al-Nafs
Merupakan potensi dorongn untuk memenuhi kebutuhan ing tahu, dan merupakan biologis dari dalam seperti seksual dan ras tenang. Sedang al-jism dorongan biologis dari sisi luar.
c.       Al-Aql
Memliki potensi dorongan untuk memenuhi dan memerima kebenaran pikir, menginterpretasi, memahami, merenung, melihat dengan mata batin, mengingat.
d.      Al-Qalb
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi dan menerima kebenaran supra rasional, dzikir, rasa kasih sayang atau emosi. Qlb yang jernih misalnya pemaaf, pemurah, akan menghantarkan seseorang memiliki daya intuisi tinggi, dapat ilham. Tetapi qlb yang kotor seperti dengki, iri, dendam, sombong dan lain-lain menghantar kearah tensi tinggi.






e.       Al-Ruh
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi keutuhan dan menerima kebenaran spriritual, beraktualisasi diri dan moral. Al-ruh sangat dipengaruhi oleh daya nafs, aql, qalb. Misalnya orang yang memilik aql dan qalb yang bersih, nafs yang mutmainah. Maka ruh akan menjadi suci. Namun jika semuanya jelek dan kotor maka nafs pun menjadi tidak baik.
f.       Al-Fitrah
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi kebutahan dan memerima kebenaran transcendental, imam, suci, beragma, dan mendapatkan hidayah. Al-fitrah ini dapat mempengaruhi ruh, aql dan qalb. Artinya jika al-fitrah dominan maka benih bertuhan, mata hati, kata hati masih mengetahui mana yang benar dan mana yang batil.

D.    PENGERTIAN DAN SEJARAH SINGKAT INTERNET

Internet (interconnection networking) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Pada dasarnya internet merupakan sebuah jaringan antar komputer yang digunakan untuk berbagi informasi secara bersama. Jadi internet merupakan kumpulan atau gabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau LAN. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US) pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut ARPANET[4]. Misi awal proyek ini hanya untuk keperluan militer namun lambat laun terus berkembang dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Sejarah internet bermula dari pemerintah Federal Amerika Serikat yang menciptakan net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Pada tahun 1968 mengontrak Bolt Beranek dan Newman untuk membangun ARPANET jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institusi Penelitian Stanford UCLA. Awal tahun 1980-an , ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer). Pada mulanya jaringan tersebut bernama DARPA kemudian menjadi internet pada tahun 1982. Pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS) sebagai cara untuk mengidentifiikasi badan atau institusi yang mengelola host. Saat itu 6 domain utama yang dikeluarkan yaitu, edu (education), gov (goverment), mil (military), com (commercial), org (organization), dan net (network resources). Tahun 1988 Rober Morris berhasil menciptakan sebuah  internetworm yaitu sejenis program virus yang dapat memperbanyak diri sendiri  di internet. Pada tahun 1991 dapat melakukan pencarian internet, namun masih berupa format teks menggunkan WWW (World Wide Web), HTML (Hyper text Markup Language) menggunakan spesifik URL (Uniform Resources Locator). Pada tahun 1994 sebuah situs komersial yang menyediakan mesin pencari (search engine) diluncurkan dan diberi nama Yahoo! (Yet Another Hierarchical Officious Oracle).

E.     DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET

1.      Dampak Positif Internet

a.       Memangkas jarak dan waktu
Kehadiran internet membuat segalanya menjadi mudah. Jarak dan waktu pun dapat dipangkas untukmengerjakan lebih banyak aktivitas.
b.      Mempererat Hubungan Antar Manusia
Dengan mudahnya berkomunikasi melalui internet. Setiap orang pun lebih mudah menjalin perteman.
c.       Mempermudah Urusan Manusia dalam Berbagai Hal
Internetpun berdampak pada urusan manusia, mulai dari menemukan orang, menemukan komunitas yang memiliki hobi yang sama.


d.      Menambah Lapangan Kerja Baru
Bekerja kini tidak harus dilakukan di kantor. Melalui internet saj kita sudah dapat mendapat uang seperti menjadi blogger, vlogger, desainer website dan lain sebagainnya.

2.      Dampak Negatif Internet

a.       Mudah Tersebar Informasi Palsu
Informasi palsu atau HOAX dibuat untuk menakutu-nakuti orang lain, menjelek-jelekan pihak lain dan lain sebagainnya.
b.      Mudahnya Peredaran Barang-Barang Terlarang
Selain menyediakan fasilitas untuk online shop, internet juga menyediakan fasilitas untuk beredarnya barang-barang terlarang. Seperti narkoba, senjata ilegal dan lain-lain.
c.       Mengecilnya Ruang Privasi
Dengan adanya internet orang semakin mudah untuk mencari tahu urusan orang lain, bahkan ikut campur dalam urusan orang lain.
d.      Meningkatnya Risiko Bertengkar Dengan Orang Lain
Terbukti ketika ada pemilu warganet berlomba-lomba untuk mempromosikan calon yang mereka dukung dengan berbagai cara
e.       Berdampak Pada Kesehatan Manusia
Jika terlalu asyik dengan internet orang aakan lupa waktu dan mengabaikan kesehatannya.
f.       Melemahnya Hak Cipta Akan Suatu Karya
Dengan semakin mudahnya penyebaran informasi terkadang hak cipta yang ada pada suatu karyapun terabaikan.

F.     METODE DAKWAH MELALUI INTERNET

1.      Dakwah Melaui Format Tulisan

Dakwah melalui format tulisan atau dakwah bil qolam dapat diterapkan melalui media internet. Tulisan-tulisan yang memiliki unsur dakwah dapat dipublikasikan melalui website, blog, atau diakun sosil media yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Dakwah melalui metode ini sudah diterapkan baik oleh gerakan organisassi dakwah Islam melalui websitenya masing-masing[5] ataupun melalui da’I secara individu dengan menuliskan materinya yang dapat dipublikasikan melalui blog ataupun melalui akun sosial media untuk berdakwah. Dakwah melalui format tulisan atau dakwah bil qolam dapat diterapkan melalui media internet.

2.      Dakwah Melalui Format Audio Atau Suara

Dakwah melalui format audio atau suara juga bisa disebut sebagai format lain dari dakwah bil lisan yang direkam atau disiarkan melalui internet. Saat ini sudah banyak rekaman audio dari beberapa da’I ketika mengisi pengajian, kemudin diupload ke internet dan dapat diunduh. Selain itu, dakwah melalui format audio juga dapat dipublikasikan melalui radio streaming, situs youtobe.com, dan sebagainya.

3.      Dakwah Melalui Format Gambar

Melalui internet, dakwah dapat dilakukan dengan berbagai inovasi dalam metodenya, asalah satunya adalah dakwah melalui format gambar atau dakwah bil surah. Desain gambar yang memuat unsur dakwah berupa quotes di dalam gambar tersebut, dapat dipublikasikan melalui internet, seperti melelui situs website, blog, ataupun social media yang mempunyai fasilitas meng-upload gambar. Instagram merupakan situs social media yang memfokuskan kepada fitur untuk berbagai gambar disertai caption (tulisan) secara praktis dan sederhana. Sudah ada beberapa user atau akun yang berfokus untuk berdakwah melalui gambar[6] dalam situs ini.

4.      Dakwah Melalui Format Video

 Video merupakan penggabungan antara audio dan visual. Dakwah melalui format video yang memiliki konten unsur dakwah dapat dipublikasikkan ke internet melalui situs youtobe.com ataupun melalui situs social media seperti: Instagram, Line, Facebook, Snapchat, Vine,dan lain-lain. Konten video yng bertemakan dakwah seperti: streaming video pengajian, film bernilai Islam, videoklip music Islami, tutorial bernilai Islam, dan lain-lain.

5.      Dakwah Melaui Format Chatting

Dakwah melalui format chatting merupakan metode dakwah interaktif antara da’I dan mad’u melaui percakapan atau tukar pikiran seara online melalui internet  Proses penyampaian dakwah dapat dilakukan melalui e-mail atau social media yang memiliki fasilitaschatting seperti Faebook, Twitter, Whatsapp, Line, dan lain-lain. Metode atau format ini sangat efektif, karena proses penyampaian dakwah tidak harus dilakukan dalam satu ruangan. Melalui kecanggihn internet, dakwah dapat dilakukan tanpa dibatasi ruang dan waktu.



BAB III

PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Secara etimologi dakwah berasala dari bahasa arab دعا- يدعو yang berarti panggilan, ajakan atau seruan. Pelaku dakwah disebut dai / daiyah. Sedangkan menurut istilah para ahli memiliki beberapa pendapat tentang pengertian dakwah. Ahmad Mubarok mendefinisikan dakwah adalah pekerjaan mengkomunikasikan pesan islam kepada manusia.
Dakwah adalah hukumnya fardhu’ain dan ada yang berpendapat fardhu kifayah. Seluruh manusia di dunia merupakan objek dakwah. Mulai dari seorang petani hingga pejabat sekaligus merupakan objek dakwah.
Internet (interconnection networking) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.
Internet memiliki beberapa dampak positif dan negative. Dampak positif: memangkas jarak dan waktu, mempererat hubungan antar manusia, mempermudah urusan manusia dalam berbagai hal, menambah lapangan kerja baru. adapun dampak negativenya: mudah tersebar informasi palsu, mudahnya peredaran barang-barang terlarang, mengecilnya ruang privasi, meningkatnya risiko bertengkar dengan orang lain, berdampak pada kesehatan manusia, melemahnya hak cipta akan suatu karya.
Metode dakwah melalui internet memiliki beberapa format yaitu format tulisan, audio atau suara, gambar, video dan chating.



DAFTAR PUSTAKA


Sumber Online :
https://yuliatwn.wordpress.com/2014/01/12/produk-produk-internet/ diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 19.15
http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/ diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 19.25
http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/ diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 20.10
http://www.artikata.com/arti-113199-marginal.html diakses online pada hari rabu 17 Januari 2018 pukul 02.02
http://bookschat.blogspot.co.id/2012/08/arpanet-sejarah-internet.html diakses online pada hari rabu 17 Januari 2018 pukul 01.15

Sumber Buku :

Miswanto Agus ,2016.Sejarah Islam dan Kemuhammadiyahan.Magelang : P3SI UMM

Amin Samsul Munir,2008.Rekonstruksi Pemikiram Dakwah Islam.Jakarta : AMZAH

Mubarok Amin,2016.DakwahKultural Muhammadiyah. Yogyakarta : Penerbit Suara Muhammadiyah



[1] Prof. Dr. Ahmad Mubarok, MA. lahir pada tanggal 15 Desember 1945 di kota Purwokerto. Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama dalam Bidang Psikologi Islam di UIN Jakarta di tahun 2005.

[2] Prof. Abdurrahman Shihab adalah seorang ulama dan guru besar dalam bidang tafsir. Abdurrahman Shihab dipandang sebagai salah seorang ulama, pengusaha, dan politikus yang memiliki reputasi baik di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.
[3] Termarginalkan adalah : meminggirkan, memojokkan ,sistem pembangunan ekonomi yg semata-mata mengacu pd pertumbuhan akan semakin - masyarakat miskin

[4] Advanced Research Project Agency Network, kala itu hanya memiliki 4 situs Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969
[5] muhammadiya.or. id, nu.or.id, dan lain-lain
Nama : Fatchul Ismantoro
Npm : 16.0401.0067
Tugas Ujian Tengah Semeseter AIK III
Teks Khutbah Jumat

Khutbah pertama
Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Mengawali khutbah jumat kali ini saya khotib berpesan kepada para jamaah dan juga diri pribadi khotib agar selalu bertaqwa kepada allah swt yaitu menjauhi segala laranganya dan melaksanakan segala perintah-perintah allah swt.
Jamaah jumat yang dirahmati Allah,
Rasulullah SAW bersabda:             الناس أنفعهم للناس خير
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)
Seorang Muslim, setelah ia membingkai kehidupannya dengan misi ibadah kepada Allah semata, sebagaimana petunjuk Allah dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, maka orientasi hidupnya adalah memberikan manfaat kepada orang lain, menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.
Siapapun Muslim itu, di manapun ia berada, apapun profesinya, ia memiliki orientasi untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang Muslim bukanlah manusia egois yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Ia juga peduli dengan orang lain dan selalu berusaha memberikan manfaat kepada orang lain.
Demikianlah Muslim. Demikianlah Mukmin. Ia senantiasa terpanggil untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Seorang Muslim yang menjadi pedagang atau pebisnis, orientasinya bukanlah sekedar meraup untung sebesar-besarnya, tetapi orientasinya adalah bagaimana ia memberikan manfaat kepada orang lain, membantu mereka memperoleh apa yang mereka butuhkan..
Seorang Muslim yang menjadi guru, orientasinya bukanlah sekedar mengajar lalu setiap bulan mendapatkan gaji, tetapi orientasinya adalah bagaimana ia memberikan manfaat terbaik kepada peserta didiknya, ia mengasihi mereka seperti mengasihi putranya sendiri, dan ia selalu memikirkan bagaimana cara terbaik dalam melakukan pewarisan ilmu sehingg peserta didiknya lebih cerdas, lebih kompeten dan berkarakter.
Jama’ah Sholat jum’at yang dirahmati Allah,
Kelihatannya, memberikan manfaat kepada orang lain, membantu dan menolong sesama itu membuat waktu kita tersita, harta kita berkurang, tenaga dan pikiran kita terporsir. Namun sesungguhnya, saat kita memberikan manfaat kepada orang lain, pada hakikatnya kita sedang menanam kebaikan untuk diri kita sendiri. Jika kita menolong orang lain, Allah akan menolong kita.
Allah SWT berfirman:
لِأَنْفُسِكُمْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ إِنْ
Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri (QS. 17:7)
Jika kita menolong dan membantu sesama, pertolongan dari Allah bukan sekedar di dunia, tetapi juga di akhirat. Jika kita memberikan manfaat kepada orang lain, Allah memudahkan kita bukan hanya dalam urusan dunia, tetapi juga pada hari kiamat kelak.


Khutbah kedua
 
                                                                                 



 





KHUTBATUL HAJJAH

إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا  أَمَّا بَعْدُ




Komentar