Makalah ini
ditulis untuk memenuhi tugas kolompok
Rahmah Nur Putri
|
:
|
16.0401.0068
|
Fatchul
Ismantoro
|
:
|
16.0401.0067
|
FAKULTAS
AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAGELANG
2017
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Internet yang merupakan Interconnection
Networking adalah jaringan komputer dengan skala dunia. Pada
dasarnya internet merupakan sebuah jaringan antar komputer yang saling
berkaitan dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagiinformasi
secara bersama. Sejarah internet bermula dari pemerintah Federal Amerika
Serikat yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan
komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Perkembangan
internet dewasa ini bukan hanya sekedar media untuk memberi kabar atau
menceritakan kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan pengguna media sosial.
Namun juga sebagai ladang untuk berdakwah dan mengajarkan agama islam melalui
postingan akun-akun media sosial, gambar visual, video, bahkan melalui obrolan
online. Internet banyak memberi manfaat dan juga kemudahan untuk para
penggunanya. Salah satunya pada penyebaran islam, karena dengan kemajuan
internet islam dapat diterima dengan cara yang lebih menyenangkan.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
Pengertian Dakwah ?
2.
Bagaimana
Kewajiban Dan Keutamaan Dakwah ?
3.
Siapa
Saja Yang Menjadi Objek Dakwah ?
4.
Bagaimana
Pengertian Dan Sejarah Singkat Internet ?
5.
Apa
Saja Dampak Positif Dan Negatif Internet ?
6.
Bagaimana
Metode Dakwah Melalui Internet ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN DAKWAH
Secara
etimologi dakwah berasala dari bahasa arab دعا- يدعو yang berarti panggilan, ajakan atau seruan.
Pelaku dakwah disebut dai / daiyah. Sedangkan menurut istilah para ahli
memiliki beberapa pendapat tentang pengertian dakwah. Ahmad Mubarok[1]
mendefinisikan dakwah adalah pekerjaan mengkomunikasikan pesan islam kepada
manusia. Dakwah adalah mengajak atau mendorong manusia kepada tujuan yang
definitive yang rumusannya bisa diambil dari al-quran dan Hadist atau dirumuskan
oleh da’i sesuai dengan ruang lingkup
dakwahnya. Menurut Qurais Shihab[2],
Dakwah adalah seruan atau ajakan kepada keinsafan, atau usaha mengubah situasi
yang lebih baik dan sempurna baik terhadap pribadi maupun masyarakat.
Dengan
merujuk pengertian tersebut maka dakwah dapat dipandang sebagai proses
komunikasi dan proses perubahan sosial. Dakwah sebagai proses komunikasi yaitu
kegiatan menyampaikan pesan dari da’i (komunikator) kepada objek dakwah
(komunikan) melalui media tertentu, agar terjadi perubahan pada diri objek
dakwah. Perubahan dimaksud mencakup perubahan pengetahuan, pemahaman,
keyakinan, tata nilai, pola pikir, sikap dan tindakan. Dakwah juga merupakan
suatu proses perubahan sosia oleh sebab itu gerakan dakwah tidak hanya sebagai
dialog
lisan, melainkan juga dialog lainnya.
Seperti dialog amal, dialog seni, dialog filsafati dan dialog budaya. Sehingga
tidak hanya mengahasilkan perubahan berfikir, tetapi juga perubahan
pengetahuan, pemahaman, keyakinan, perilaku, karya, tata nilai, tata hubungan,
sosial, seni dan budaya.
B. KEWAJIBAN DAN KEUTAMAAN DAKWAH
1. Kewajiban Dakwah
Sejak awal
islam sudah merupakan agama dakwah, yaitu agama yang menetapkan bahwa
menyebarkan kebenaran dan mengajak orang untuk menganut ajaran islam sebagai
ajaran Allah adalah tugas suci nabi Muhammad dan tugas suci bagi para
penerusnya. Oleh sebab itu ada yang berpendapat bahwa dakwah adalah hukumnya
fardhu’ain dan ada yang berpendapat fardhu kifayah. Keutamaan Dakwah di Jalan Allah
a.
Penda’i
sebagai umat yang terbaik
b.
Penda’i
sebagai orang yang beruntung
c.
Penda’i
sebagai orang yang perkataannya paling mulia
d.
Penda’i
sebagai seorang penolong yang lain
C. OBJEK DAKWAH
1.
Secara
sosio psikologis objek dakwah dapat dikelompokkan menjadi :
a.
Dilihat
dari segi sosio geografis, terdapat masayarak kota, pedesaan, pedalaman,
terasing, terpencil, terpencar, termarginalkan[3].
b.
Segi
struktur kelembagaan terdapat masyarakat keluarga, masyarakat, dan pemerintah.
c.
Segi
sosio budaya terdapat masyarakat priyai, pejabat, rakyat jelata, santri,
abangan.
d.
Segi
tingkat usia terdapat kelompok anak, remaja, orang tua, umum.
e.
Segi
profesi atau pekerjaan terdapat petani, pedagang, seniman, pengusaha,
politikus, buruh, karyawan, pegawai negri sipil dan lain-lain.
f.
Segi
tingkat status ekonomi terdapat golongan miskin, menengah, kaya, atas, elit dan
lain-lain.
g.
Segi
jenis kelamin terdapat kelompok wanita, pria, waria.
h.
Segi
ciri khusus terdapat masyarakat tunawisma, tunasusila, tunakarya, tunanetra,
tunadaksa, tunarungu dan lain-lain.
i.
Segi
kasta terdapat kelompok sudra, ariya, kesatria, brahmana.
j.
Segi
kepemelukan agama terdapat kaum hijabah (muslim), kaum dakwah(non muslim) dan
kaum mualaf (baru masuk islam)
2.
Menurut
Baharudin sebagai sasaran dakwah manusia memiliki 6 dimensi potensi :
a.
Al-Jism
Al-jism memiliki potensi dorongan untuk memenuhi dan menerima
kebenaran indrawi atau sensoris. Al-jism merupakan dorongan biologis dari sisi
luar seperti dorongan untuk makan dan kebutuhan biologis lainnya.
b.
Al-Nafs
Merupakan potensi dorongn untuk memenuhi kebutuhan ing tahu, dan
merupakan biologis dari dalam seperti seksual dan ras tenang. Sedang al-jism
dorongan biologis dari sisi luar.
c.
Al-Aql
Memliki potensi dorongan untuk memenuhi dan memerima kebenaran
pikir, menginterpretasi, memahami, merenung, melihat dengan mata batin,
mengingat.
d.
Al-Qalb
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi dan menerima kebenaran
supra rasional, dzikir, rasa kasih sayang atau emosi. Qlb yang jernih misalnya
pemaaf, pemurah, akan menghantarkan seseorang memiliki daya intuisi tinggi,
dapat ilham. Tetapi qlb yang kotor seperti dengki, iri, dendam, sombong dan
lain-lain menghantar kearah tensi tinggi.
e.
Al-Ruh
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi keutuhan dan menerima
kebenaran spriritual, beraktualisasi diri dan moral. Al-ruh sangat dipengaruhi
oleh daya nafs, aql, qalb. Misalnya orang yang memilik aql dan qalb yang
bersih, nafs yang mutmainah. Maka ruh akan menjadi suci. Namun jika semuanya
jelek dan kotor maka nafs pun menjadi tidak baik.
f.
Al-Fitrah
Memiliki potensi dorongan untuk memenuhi kebutahan dan memerima
kebenaran transcendental, imam, suci, beragma, dan mendapatkan hidayah.
Al-fitrah ini dapat mempengaruhi ruh, aql dan qalb. Artinya jika al-fitrah
dominan maka benih bertuhan, mata hati, kata hati masih mengetahui mana yang
benar dan mana yang batil.
D. PENGERTIAN DAN SEJARAH SINGKAT INTERNET
Internet (interconnection
networking) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain
sebagainya. Pada dasarnya internet merupakan sebuah jaringan antar komputer
yang digunakan untuk berbagi informasi secara bersama. Jadi internet merupakan
kumpulan atau gabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan
komputer global atau LAN. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US) pada tahun 1969
melalui sebuah proyek yang disebut ARPANET[4].
Misi awal proyek ini hanya untuk keperluan militer namun lambat laun terus
berkembang dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Sejarah
internet bermula dari pemerintah Federal Amerika Serikat yang menciptakan net
(jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan
dari Rusia.
Pada tahun 1968 mengontrak Bolt Beranek dan Newman untuk membangun ARPANET
jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institusi Penelitian
Stanford UCLA. Awal tahun 1980-an , ARPANET terpecah menjadi dua jaringan,
yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer). Pada mulanya jaringan
tersebut bernama DARPA kemudian
menjadi internet pada tahun 1982. Pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name
System (DNS) sebagai cara untuk mengidentifiikasi badan atau institusi yang
mengelola host. Saat itu 6 domain utama yang dikeluarkan yaitu, edu
(education), gov (goverment), mil (military), com (commercial), org
(organization), dan net (network resources). Tahun 1988 Rober Morris berhasil
menciptakan sebuah internetworm
yaitu sejenis program virus yang dapat memperbanyak diri sendiri di internet. Pada tahun 1991 dapat melakukan
pencarian internet, namun masih berupa format teks menggunkan WWW (World
Wide Web), HTML (Hyper text Markup Language) menggunakan spesifik
URL (Uniform Resources Locator). Pada tahun 1994 sebuah situs komersial
yang menyediakan mesin pencari (search engine) diluncurkan dan diberi
nama Yahoo! (Yet Another Hierarchical Officious Oracle).
E. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
1. Dampak Positif Internet
a.
Memangkas
jarak dan waktu
Kehadiran internet membuat segalanya menjadi mudah. Jarak dan waktu
pun dapat dipangkas untukmengerjakan lebih banyak aktivitas.
b.
Mempererat
Hubungan Antar Manusia
Dengan mudahnya berkomunikasi melalui internet. Setiap orang pun
lebih mudah menjalin perteman.
c.
Mempermudah
Urusan Manusia dalam Berbagai Hal
Internetpun berdampak pada urusan manusia, mulai dari menemukan
orang, menemukan komunitas yang memiliki hobi yang sama.
d.
Menambah
Lapangan Kerja Baru
Bekerja kini tidak harus dilakukan di kantor. Melalui internet saj
kita sudah dapat mendapat uang seperti menjadi blogger, vlogger, desainer
website dan lain sebagainnya.
2. Dampak Negatif Internet
a.
Mudah
Tersebar Informasi Palsu
Informasi palsu atau HOAX dibuat untuk menakutu-nakuti orang lain,
menjelek-jelekan pihak lain dan lain sebagainnya.
b.
Mudahnya
Peredaran Barang-Barang Terlarang
Selain menyediakan fasilitas untuk online shop, internet juga
menyediakan fasilitas untuk beredarnya barang-barang terlarang. Seperti
narkoba, senjata ilegal dan lain-lain.
c.
Mengecilnya
Ruang Privasi
Dengan adanya internet orang semakin mudah untuk mencari tahu
urusan orang lain, bahkan ikut campur dalam urusan orang lain.
d.
Meningkatnya
Risiko Bertengkar Dengan Orang Lain
Terbukti ketika ada pemilu warganet berlomba-lomba untuk
mempromosikan calon yang mereka dukung dengan berbagai cara
e.
Berdampak
Pada Kesehatan Manusia
Jika terlalu asyik dengan internet orang aakan lupa waktu dan
mengabaikan kesehatannya.
f.
Melemahnya
Hak Cipta Akan Suatu Karya
Dengan semakin mudahnya penyebaran informasi terkadang hak cipta
yang ada pada suatu karyapun terabaikan.
F. METODE DAKWAH MELALUI INTERNET
1. Dakwah Melaui Format Tulisan
Dakwah melalui format tulisan atau dakwah bil qolam dapat
diterapkan melalui media internet. Tulisan-tulisan yang memiliki unsur dakwah
dapat dipublikasikan melalui website, blog, atau diakun sosil
media yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Dakwah melalui
metode ini sudah diterapkan baik oleh gerakan organisassi dakwah Islam
melalui websitenya masing-masing[5] ataupun melalui da’I secara individu
dengan menuliskan materinya yang dapat dipublikasikan melalui blog ataupun melalui akun sosial media untuk berdakwah. Dakwah melalui format tulisan atau dakwah
bil qolam dapat diterapkan melalui media internet.
2. Dakwah Melalui Format Audio Atau Suara
Dakwah melalui format audio atau suara juga bisa disebut
sebagai format lain dari dakwah bil lisan yang direkam atau disiarkan
melalui internet. Saat ini sudah banyak rekaman audio dari beberapa da’I ketika
mengisi pengajian, kemudin diupload ke internet dan dapat diunduh. Selain
itu, dakwah melalui format audio juga dapat dipublikasikan melalui radio
streaming, situs youtobe.com, dan sebagainya.
3. Dakwah Melalui Format Gambar
Melalui internet, dakwah dapat dilakukan dengan berbagai
inovasi dalam metodenya, asalah satunya adalah dakwah melalui format gambar
atau dakwah bil surah. Desain gambar yang memuat unsur dakwah berupa
quotes di dalam gambar tersebut, dapat dipublikasikan melalui internet, seperti
melelui situs website, blog, ataupun social media yang
mempunyai fasilitas meng-upload gambar. Instagram merupakan situs social media yang
memfokuskan kepada fitur untuk berbagai gambar disertai caption (tulisan)
secara praktis dan sederhana. Sudah ada beberapa user atau akun yang
berfokus untuk berdakwah melalui gambar[6]
dalam situs ini.
4. Dakwah Melalui Format Video
Video merupakan penggabungan antara audio dan visual. Dakwah
melalui format video yang memiliki konten unsur dakwah dapat dipublikasikkan ke
internet melalui situs youtobe.com ataupun melalui situs social
media seperti: Instagram, Line, Facebook, Snapchat, Vine,dan
lain-lain. Konten video yng bertemakan dakwah seperti: streaming video
pengajian, film bernilai Islam, videoklip music Islami, tutorial bernilai
Islam, dan lain-lain.
5. Dakwah Melaui Format Chatting
Dakwah melalui format chatting merupakan metode
dakwah interaktif antara da’I dan mad’u melaui percakapan atau tukar pikiran
seara online melalui internet Proses
penyampaian dakwah dapat dilakukan melalui e-mail atau social
media yang memiliki fasilitaschatting seperti Faebook, Twitter,
Whatsapp, Line, dan lain-lain. Metode atau format ini sangat efektif,
karena proses penyampaian dakwah tidak harus dilakukan dalam satu ruangan.
Melalui kecanggihn internet, dakwah dapat dilakukan tanpa dibatasi ruang dan
waktu.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Secara
etimologi dakwah berasala dari bahasa arab دعا- يدعو yang berarti panggilan, ajakan atau seruan.
Pelaku dakwah disebut dai / daiyah. Sedangkan menurut istilah para ahli
memiliki beberapa pendapat tentang pengertian dakwah. Ahmad Mubarok
mendefinisikan dakwah adalah pekerjaan mengkomunikasikan pesan islam kepada
manusia.
Dakwah adalah
hukumnya fardhu’ain dan ada yang berpendapat fardhu kifayah. Seluruh manusia di
dunia merupakan objek dakwah. Mulai dari seorang
petani hingga pejabat sekaligus merupakan objek dakwah.
Internet (interconnection
networking) adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan
jenis dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain
sebagainya.
Internet memiliki beberapa dampak positif dan negative. Dampak positif: memangkas jarak dan waktu, mempererat
hubungan antar manusia, mempermudah
urusan manusia dalam berbagai hal,
menambah lapangan kerja baru. adapun dampak negativenya: mudah
tersebar informasi palsu, mudahnya
peredaran barang-barang terlarang, mengecilnya
ruang privasi, meningkatnya risiko bertengkar dengan orang lain, berdampak
pada kesehatan manusia, melemahnya hak
cipta akan suatu karya.
Metode dakwah
melalui internet memiliki beberapa format yaitu format tulisan, audio atau
suara, gambar, video dan chating.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Online :
http://oktiwidia02.blogspot.co.id/2016/11/metode-dakwah-melalui-
internet.html
diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 18.54
http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/12/07/30/m7y1cd-muhammadiyah-kembangkan-dakwah-lewat-internet diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 19.00
https://yuliatwn.wordpress.com/2014/01/12/produk-produk-internet/ diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 19.15
http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/ diakses Minggu
tanggal 7 januari 2018 pukul 19.25
http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/ diakses Minggu tanggal 7 januari 2018 pukul 20.10
http://www.artikata.com/arti-113199-marginal.html diakses online pada hari rabu 17 Januari
2018 pukul 02.02
http://bookschat.blogspot.co.id/2012/08/arpanet-sejarah-internet.html diakses online pada hari rabu 17 Januari
2018 pukul 01.15
Sumber
Buku :
Miswanto
Agus ,2016.Sejarah Islam dan Kemuhammadiyahan.Magelang : P3SI UMM
Amin
Samsul Munir,2008.Rekonstruksi Pemikiram Dakwah Islam.Jakarta : AMZAH
Mubarok
Amin,2016.DakwahKultural Muhammadiyah. Yogyakarta : Penerbit Suara
Muhammadiyah
[1] Prof. Dr.
Ahmad Mubarok, MA. lahir pada tanggal 15 Desember 1945 di kota Purwokerto.
Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama dalam Bidang Psikologi Islam di UIN
Jakarta di tahun 2005.
[2] Prof. Abdurrahman Shihab
adalah seorang ulama dan guru besar dalam bidang tafsir. Abdurrahman Shihab
dipandang sebagai salah seorang ulama, pengusaha, dan politikus yang memiliki
reputasi baik di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.
[3]
Termarginalkan adalah : meminggirkan,
memojokkan ,sistem pembangunan ekonomi
yg semata-mata mengacu pd pertumbuhan akan semakin - masyarakat miskin
[4] Advanced Research
Project Agency Network, kala
itu hanya memiliki 4 situs Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu pada tahun 1969
Nama
: Fatchul Ismantoro
Npm
: 16.0401.0067
Tugas Ujian Tengah Semeseter AIK III
Teks Khutbah Jumat
Khutbah
pertama
Jamaah
Jum’at yang dirahmati Allah,
Mengawali
khutbah jumat kali ini saya khotib berpesan kepada para jamaah dan juga diri
pribadi khotib agar selalu bertaqwa kepada allah swt yaitu menjauhi segala
laranganya dan melaksanakan segala perintah-perintah allah swt.
Jamaah
jumat yang dirahmati Allah,
Rasulullah
SAW bersabda: الناس أنفعهم للناس
خير
Sebaik-baik
manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad, Thabrani,
Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah)
Seorang
Muslim, setelah ia membingkai kehidupannya dengan misi ibadah kepada Allah
semata, sebagaimana petunjuk Allah dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, maka
orientasi hidupnya adalah memberikan manfaat kepada orang lain, menjadi pribadi
yang bermanfaat bagi sesama.
Siapapun
Muslim itu, di manapun ia berada, apapun profesinya, ia memiliki orientasi
untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Seorang Muslim bukanlah manusia egois
yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Ia juga peduli dengan orang lain dan
selalu berusaha memberikan manfaat kepada orang lain.
Demikianlah
Muslim. Demikianlah Mukmin. Ia senantiasa terpanggil untuk menjadi pribadi yang
bermanfaat bagi orang lain. Seorang Muslim yang menjadi pedagang atau pebisnis,
orientasinya bukanlah sekedar meraup untung sebesar-besarnya, tetapi orientasinya
adalah bagaimana ia memberikan manfaat kepada orang lain, membantu mereka
memperoleh apa yang mereka butuhkan..
Seorang
Muslim yang menjadi guru, orientasinya bukanlah sekedar mengajar lalu setiap
bulan mendapatkan gaji, tetapi orientasinya adalah bagaimana ia memberikan
manfaat terbaik kepada peserta didiknya, ia mengasihi mereka seperti mengasihi
putranya sendiri, dan ia selalu memikirkan bagaimana cara terbaik dalam
melakukan pewarisan ilmu sehingg peserta didiknya lebih cerdas, lebih kompeten
dan berkarakter.
Jama’ah
Sholat jum’at yang dirahmati Allah,
Kelihatannya,
memberikan manfaat kepada orang lain, membantu dan menolong sesama itu membuat
waktu kita tersita, harta kita berkurang, tenaga dan pikiran kita terporsir.
Namun sesungguhnya, saat kita memberikan manfaat kepada orang lain, pada
hakikatnya kita sedang menanam kebaikan untuk diri kita sendiri. Jika kita
menolong orang lain, Allah akan menolong kita.
Allah
SWT berfirman:
لِأَنْفُسِكُمْ
أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ إِنْ
Jika
kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri
(QS. 17:7)
Jika
kita menolong dan membantu sesama, pertolongan dari Allah bukan sekedar di
dunia, tetapi juga di akhirat. Jika kita memberikan manfaat kepada orang lain,
Allah memudahkan kita bukan hanya dalam urusan dunia, tetapi juga pada hari
kiamat kelak.
Khutbah
kedua
KHUTBATUL HAJJAH
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُ
Komentar
Posting Komentar